Teknik dasar belajar mengemudi mobil bagi pemula

EXPOSEinBERITA - Tips belajar mengemudi mobil bagi pemula, Keterampilan teknis yang satu ini, untuk jaman sekarang sangat dibutuhkan semua kalangan,baik bagi yang beruntung bisa memiliki mobil pribadi atau bagi sebagian orang bisa dijadikan profesi pekerjaan untuk menghidupi kehidupannya.

Untuk orang yang mengemudi duduk dibelakang setir suka disebut sopir, siapapun dia entah orang yang empunya mobil atau bahkan sang sopir yang disewa untuk itu.

Teknik dasar belajar mengemudi mobil bagi pemula
Meskipun kelihatan hanya sepele dan terlihat gampang, pekerjaan sopir sebenarnya sangatlah penting. Bagaimana tidak penting, sopir di dalam sebuah mobil dia adalah pemimpin di mobil itu, bertanggungjawab terhadap nyawa dirinya sendiri dan keselamatan nyawa para penumpangnya. Karena pekerjaan informal sopir ini menjadi begitu sangat dibutuhkan seiring dengan kemajuan peradaban, maka berikut ini teknik-teknik dasar belajar mengemudi bagi pemula.

A. Tahap pertama Teori dulu

(mobil dalam keadaan off atau mesin dimatikan dan berhenti). Khusus untuk mobil Manual.

1. Mobil dalam keadaan off mesin tidak hidup.

lihat dan pelajari nama-nama instrumen atau komponen di ruang kabin depan dan di dashboard dengan baik.
Misalnya:
- Pedal rem
- Pedal gas
- Pedal kopling
- Persneling
- Rem tangan,
- Stang untuk wiper kaca depan belakang
- Pengendali kaca spion
- Stick untuk lampu dim
- Lampu dekat
- Lampu sen, Sen kanan dan kiri
- Tombol klakson
- Sabuk pengaman
dan Sejumlah panel control lainnya di dashboard.

2. Untuk mobil gigi gear manual.

Hapalkan dahulu skema perpindahan gigi persneling hingga hapal di luar kepala dengan praktik memindah-mindah mulai gigi satu, gigi mundur dan gigi selanjutnya hingga terakhir. Biasanya ada simbol huruf dan angka, misalnya :
1. Angka O (nol) atau N (normal) untuk gear dalam posisi normal
2. Angka 1 s.d 5 atau tergantung model mobil dan huruf R (untuk berjalan Mundur).

Lalu latihan menginjak pedal gas 
Bergantian dengan pedal rem dan pedal kopling, ingat mesin dalam keadaan mati, tidak berjalan atau mobil berhenti. Terus saja berlatih sampai anda mahir memindah persneling dan menginjak semua pedal dengan tanpa menengok ke arah alatnya, latih dan biasakan mata anda tetap tertuju ke depan dan ke spion kanan kiri.

B. Praktek awal mengemudikan mobil

1. Hidupkan mesin dan mulai belajar Berjalan.

Pastikan anda sudah hapal dan cukup bisa mengoperasikan minimal memindah tongkat persneling, menginjak pedal rem, gas dan kopling. baru bisa mulai melakukan langkah ini untuk awalan harap berhati-hati
1. Pastikan Rem tangan masih dalam keadaan terpasang, cirinya biasanya tongkat rem tertarik ke atas atau tertarik ke belakang atau posisi lainnya sesuai model mobil.

2. Masukan persneling di gigi Normal atau biasa ada hurup O (kosong), atau P (parking) dan atau hurup N (normal), injak pedal rem secukupnya, lalu hidupkan mesin perlahan, tenang, tertib dan mantap, mata memeriksa semua bagian mobil, spion kanan kiri arah depan dan arah belakang kemudian berakhir dengan pandangan mata lurus ke depan melihat jalan.

3. Setelah mesin hidup biarkan sekitar sepuluh detik mesin mobil hidup. Jikalau di awalnya sudah dipanaskan, tetapi jika belum pernah dipanaskan biarkan mesin hangat sekitar 5 menit.
Lalu,
- injak pedal kopling (kaki kiri) perlahan melesak ke bawah
- kaki kanan masih di pedal Rem mesin dalam posisi langsam
- masukan tongkat persneling ke gigi satu, (perhatikan langkah ini ini harus terus dilakukan sepanjang masa, jika mau memulai berjalan, harus selalu memulai dengan gigi satu.)
- lalu injak gas perlahan (kaki kanan pindah dari pedal Rem ke pedal Gas dengan naluri dan perasaan (jangan dilihat,mata terus ke depan ke jalan)
- mulailah dengan menginjak pedal gas perlahan dan memakai perasaan, melebihi langsam sedikit

Setelah gas diinjak perlahan 
- angkat pedal kopling (kaki kiri) perlahan.
ingat perlahan dahulu sesuaikan dengan rasa dan pikiran yang penuh, rasakan ketika secara perlahan mobil akan bergerak maju,
- terus tahan kaki kiri (kopling) jangan dilepas angkat perlahan disesuaikan dengan laju mobil yang mulai berangkat.
- pedal gas mulai di injak ditambah kedalamannya.

Lalu melajulah dengan perlahan dahulu, jangan panik jika ada hal yang darurat di depan anda, ingat saja injak pedal REM dan injak Kopling.

Majulah perlahan dahulu dengan sabar jangan terlalu kencang di awal belajar, resiko mobil sangatlah besar tidak sama dengan resiko tabrakan sepeda misalnya. Kalau mau kencang sangat gampang tinggal tancap gas saja dan memasang gear tinggi pasti kencang,,, tetapi itu nanti di arena balapan.

Hati-hati dan waspada. 

tetap berjalan yakinlah selama sesuai "prosedur dasar" yang telah dipelajari sebelumnya pasti akan berhasil.

Diawal berjalan

- letakkan tangan kiri di angka 9 arah jarum jam dan tangan kanan di arah angka jam 12
(untuk setir yang dikanan mobil,atau tangan kiri di angka 12 dan tangan kanan di angka 3 arah jarum jam bila setir sebelah kiri mobil)
- tangan kanan/kiri diam di perseneling sekian detik untuk berjaga bila mobil sudah maju normal lima atau empat meter kedepan untuk segera dipindah ke gigi dua atau disesuaikan dengan kondisi.

Yang perlu diperhatikan pada saat mobil mulai maju

- Pandangan mata fokus ke depan ke jalan yang akan dilalui
- Gigi gear persneling harus di gigi satu.pada awal mulai berangkat.
- Ketika mobil mulai bergerak maju,tahan saja dulu pedal kopling jangan di angkat sekaligus,angkatlah perlahan disesuaikan dengan injakan gas dan laju mobil. Supaya mobil tidak enjot-enjotan. di awal berangkatnya,kuncinya yaitu kopling ditahan dulu, diangkat perlahan......dan gas diinjak pelan.....!

Dan yang paling penting!

Biasakan selalu berdoa menurut agama dan kepercayaannya masing-masing sebelum menyalakan mesin mobil atau mau berangkat. dan ingat selalu attitude berkendara yang baik dan benar
(bernadaindo.com)