5 tips memberhentikan kecanduan rokok

EXPOSEinBERITA - 5 tips memberhentikan kecanduan rokok, Kebanyakan orang sudah tahu bahwa merokok memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan dan menyebabkan penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker paru-paru dan serangan jantung.

5 tips memberhentikan kecanduan rokok
Jika kita tahu bahwa merokok berbahaya, mengapa kita tidak bisa berhenti melakukannya? Karena nikotin adalah salah satu tipe adiktif yang sangat kuat sehingga menyebabkan ketergantungan. Selain itu harga rokok yang relatif terjangkau menyebabkan seseorang sangat sulit untuk berhenti. Ketika orang mencoba untuk berhenti, mereka sering mengalami gejala-gejala yang disebabkan nikotin seperti kecemasan, mudah tersinggung, sakit kepala, depresi, dan kegelisahan.

Dibawah ini 5 tips berhenti merokok yang efektif :

1. Know Why You Want to Exit

Jadi Anda ingin berhenti merokok, tetapi apakah Anda tahu mengapa? Alasan seperti "Karena itu buruk bagi kesehatan Anda" tidak cukup baik. Untuk mendapatkan motivasi, Anda butuh suatu alasan pribadi yang kuat untuk berhenti. Mungkin Anda ingin melindungi keluarga Anda dari asap rokok karena selain berbahaya untuk diri sendiri, merokok dapat mengakibatkan orang - orang di sekitar anda terkena penyakit - penyakit berbahaya seperti kanker paru - paru dan jantung. Selain itu mungkin Anda merasa ketakutan diputusin pacar atau di ceraikan istri gara-gara tidak bisa berhenti merokok? ( Make sense.. Pilih istri apa rokok???). Pilih alasan yang cukup kuat untuk mengimbangi dorongan untuk menyala.

2. Jangan Berhenti Merokok Saat Itu Juga pelan - pelan saja

Anda mungkin tergoda untuk melemparkan rokok Anda dan menyatakan kalau Anda telah berhenti merokok, simple dan sederhana. Tapi pada kenyataannya tidak mudah untuk dilakukan. Tidak ada cara cepat berhenti merokok. Sembilan puluh lima persen orang yang mencoba untuk berhenti merokok tanpa terapi atau pengobatan akan kembali untuk merokok. Alasannya adalah nikotin adalah senyawa yang menyebabkan ketergantungan. Otak kita menjadi terbiasa dengan nikotin dan akan selalu "haus" akan hal itu. Pada saat tidak merokok, gejala ketergantungan akan nikotin muncul.

3. Lakukan Replacement Therapy

Ketika Anda berhenti merokok, gejala ketergantungan nikotin dapat membuat Anda merasa frustrasi, depresi, gelisah, atau menjadi pemarah. Keinginan untuk "merokok satu batang saja" akan sering muncul pada diri anda. Terapi penggantian nikotin ini dapat membantu mengurangi dorongan nafsu untuk merokok. Studi menunjukkan permen karet nikotin, "lozenges", dan "patches" dapat membantu melipatgandakan peluang Anda untuk berhenti merokok dapat berhasil bila digunakan dengan program yang intensif. Tetapi menggunakan produk ini sambil merokok umumnya tidak dianjurkan.

4. Minta Resep Pada Dokter Anda

Untuk memudahkan penarikan nikotin tanpa menggunakan produk yang mengandung nikotin, tanyakan resepnya kepada dokter Anda. Ada pil yang membantu mengurangi rasa lapar dengan mempengaruhi zat kimia dalam otak. Mereka juga dapat membuat merokok kurang memuaskan jika Anda mengambil sebatang rokok. Obat lain dapat membantu mengurangi gejala ketergantungan yang mengganggu, seperti depresi atau ketidakmampuan untuk berkonsentrasi.

5. Jangan Rahasiakan Kalau Kamu Berhenti Merokok

Beritahu teman, keluarga, dan rekan kerja bahwa Anda sedang berusaha untuk berhenti. Dorongan mereka bisa membuat perbedaan. Anda juga mungkin ingin bergabung dengan kelompok anti rokok atau berbicara dengan seorang psikolog. Behaviour Therapy adalah jenis konseling yang membantu Anda mengidentifikasi strategi untuk berhenti merokok. Kombinasikan Behaviour Therapy dengan produk pengganti nikotin dan / atau obat-obatan dapat meningkatkan peluang Anda untuk sukses.
(kaskus.co.id)