Kenapa saat sakit membuat tidak nafsu makan

EXPOSEinBERITA - Kenapa saat sakit membuat tidak nafsu makan, Saat Anda sakit, ada satu hal yang pasti sangat tidak Anda sukai. hal tersebut adalah menurunnya nafsu makan. Selain turunnya nafsu makan, Anda pun jadi tertarik dengan makanan semenarik apapun.

Kenapa saat sakit tidak nafsu makan
“Saat Anda sakit, ada beberapa perubahan yang terjadi di dalam tubuh Anda. Salah satunya adalah diproduksinya hormon sitokin yang menyebabkan nafsu makan Anda menjadi turun,” jelas Dr Donald D. Hensrud, MD, MPH, ketua divisi dari Preventive, Occupational, and Aerospace di Mayo Clinic.

Selain itu, lebih lanjut dia juga menjelaskan bahwa mencerna makanan membutuhkan energi. Sebaliknya saat Anda sakit, tubuh Anda begitu lemah dengan cadangan energi yang tidak maksimal. Itulah yang membuat tubuh Anda menjadi semakin lemah, sebab Anda pun tidak mempunyai cadangan energi yang dihasilkan dari makanan.

Tentu saja hal ini malah akan memperparah penyakit Anda. Tubuh yang lemas dengan energi yang kosong akan membuat sistem kekebalan tubuh Anda menurun. Penyakit dan virus mudah menyerang tubuh Anda. Itulah sebabnya, Anda tidak boleh menuruti nafsu makan yang menurun ini.

Salah satu cara yang paling mudah untuk tetap berenergi saat sakit adalah konsumsilah comfort food. Makanan jenis ini biasanya berasal dari bahan alami seperti buah, sayur, atau gandum yang mempunyai rasa alami. Sehingga Anda tidak perlu menambahkan zat aditif apapun untuk membuatnya lebih berasa. Makanan ini selain membuat tubuh lebih sehat juga dipercaya mampu memberikan rasa nyaman di perut.
(merdeka.com)